Beranda Artikel Sejarah Sholat Dalam Kitab “Matnu Al-Ghoyatu Wa Al Taqrib” Pasaran Ke-5

Sejarah Sholat Dalam Kitab “Matnu Al-Ghoyatu Wa Al Taqrib” Pasaran Ke-5

37
0

(BENDA-SIRAMPOG-BREBES-JAWA TENGAH) Pasaran kitab hari ke-5 tanggal 26 Juni 2024 di SMAS Al-Hikmah berjalan dengan lancar. Para siswa -siswi diarahkan untuk mengikuti pasaran agar waktu liburan mereka bermanfaat. Walaupun liburan, siswa-siswi harus tetap produktive. Seperti biasa, pasaran dilaksanakan di roling door SMAS Al-Hikmah gedung 2. pukul 09.00 siswa-siswi pasaran kitab Matnu Al-Ghoyatu Wa Taqrib yang dijelaskan oleh Ust.Mafis. Di hari ke-5 ini para siswa-siswi belajar tentang bab sholat.

Ust. Mafis menjelaskan tentang sholat. Bahwa sholat menurut bahasa adalah doa, sedangkan menurut istilah yaitu ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Sejarah adanya sholat 5 waktu yaitu ketika Nabi Muhammad SAW. melakukan Isra dan Mi’raj. Peristiwa Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW. dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW. ke langit ketujuh.

Di langit ketujuh Nabi Muhammad SAW. bertemu dengan Allah SWT. Di sini Allah SWT. memberi hadiah kepada Nabi Muhammad SAW. berupa sholat 50 waktu. Kemudian Nabi Muhammad SAW. turun dan bertemu dengan Nabi Musa AS di langit keenam, Nabi Musa AS meminta agar Nabi Muhammad SAW. meminta Keringanan kepada Allah SWT. Setelah meminta keringanan, yang awalnya 50 waktu kini menjadi 5 waktu. Kemudian Nabi Muhammad SAW. turun ke bumi sebelum subuh tanggal 27 Rajab. Setelah subuh Nabi Muhammad SAW. diajari tata cara sholat oleh Malaikat Jibril. Kemudian ketika waktu Dzuhur masuk, Nabi Muhammad SAW. melaksanakan sholat Dzuhur.

Ust.Mafis juga menerangkan tentang Nabi yang pertama sholat Subuh yaitu Nabi Adam AS, sholat Dzuhur Nabi Daud AS, sholat Ashar Nabi Sulaiman AS, sholat Maghrib Nabi Ya’kub AS, dan sholat Isya Nabi Yunus AS.

Begitulah penjelasan yang disampaikan oleh Ust.Mafis. Beliau menyampaikan dengan rinci dan runtut serta memberikan contoh yang mudah dipahami oleh siswa-siswi.

 

oleh: Nindi Maulida

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here